Image of Dokumenter Televisi: Mitos-mitos Produksi Program Dokumenter dan Film Dokumenter

Books

Dokumenter Televisi: Mitos-mitos Produksi Program Dokumenter dan Film Dokumenter



Sejatinya, buku ini dibuat tidak secara khusus untuk para pembuat film di lingkungan industri media televisi, tapi buku ini pun dimaksudkan bisa dinikmati oleh para penggiat film dokumenter dari kalangan non-industri media televisi. Karena itu, saya mencoba menuliskan pengetahuan tentang program dokumenter kali ini dengan agak berteori, sambil mengimbanginya dengan cerita-cerita dari lapangan yang lebih bernuansa praktisi. Dengan harapan, seluruh uraian tersebut bisa dinikmati oleh kalangan mana pun.
Melengkapi seluruh paparan tersebut, saya mencoba menghadirkan contoh kasus produksi program dokumenter untuk industri media televisi, beserta naskah program dokumenter sebagai nyawa kreativitas dalam produksi program dokumenter.
“Seperti dikatakan Prof. Dr. Toynbe bahwa minoritas kreatiflah yang mampu mencipta peradaban. Saya pikir saudara Syaiful Halim adalah satu dari manusia kreatif Indonesia yang mampu membawa kita bertamasya ke masa silam, bercengkerama dengan alam Indonesia, dan menyapa peradaban megalitik di komunitas adat terpencil di Nusantara yang sesungguhnya menggambarkan tentang kebesaran sejarah dan budaya Indonesia. Lewat film-film dokumenter yang dibuatnya, kita bisa melihat sebuah karya kebudayaan yang tetap aktual untuk dibaca dan disaksikan dari satu generasi ke generasi yang lain, dari satu masa ke masa yang lain.”
Prof. Dr. A. Nurhayati Rahman, M.Hum
Guru Besar Universitas Hasanuddin Makassar dan Filolog Bugis Kuno
“Kalau mau maju, Indonesia tidak bisa lepas dari buku. Bahkan di era gedget ini pun, buku masih bisa untuk mengubah dunia.”
Sumita Tobing, Ph.D
Broadcaster dan Jurnalis Senior
“Karya film dokumenter akan terus menjelajah dan berevolusi dalam ruang-ruang media angka digital, menembus mata publik tanpa dibatasi teknologi, sensor dan distorsi peradaban. Pada saat itulah, pemahaman akan mitos-mitos produksi menjadi penting, agar filosofi dan jiwa dokumenter tidak salah arah. Selamat Mas Syaiful Halim, salut! Thanks sudah terus mengedukasi literasi media publik.”
Nara Tama
Produser/Sutradara/Jurnalis
Buku Dokumenter Televisi: Mitos-mitos Produksi Program Dokumenter dan Film Dokumenter ditulis oleh syaiful HALIM (penulis, filmmaker, jurnalis, dosen senior, periset, dan konsultan media). Selain mengajar di Universitas Esa Unggul Jakarta, ia juga giat melakukan kegiatan produksi, ekshibisi, dan pengembangan SDM perfilman, bersama mahasiswa-mahasiswa binaannya yang tergabung dalam Komunitas M-DOCS.


Availability

KOM.2023.10.03070.18 HAL dILMU KOMUNIKASI (Rak Koleksi)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
070.18 HAL d
Publisher PT. RajaGrafindo Persada : Depok.,
Collation
xxiv, 296 hlm.. ; 23 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024256555
Classification
070.18
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. 2
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this