Image of Hukum yang Netral Bagi Masyarakat Plural : Studi Pada Situasi di Indonesia

Books

Hukum yang Netral Bagi Masyarakat Plural : Studi Pada Situasi di Indonesia



Tulisan mengenai politik hukum di lndonsia sepanjang pengetahuan penulis belum ada yang mengusulkan sebuah ide atau usulan yang konkrit dan rinci tentang bagaimana menghadapi persoalan-persoalan yang muncul dengan adanya politik hukum di Indonesia selama ini. Di sisi lain, dari hasil kajian yang telah ada serta hasil kajian penulis, politik hukum di Indonesia selama ini dalam aspek kehidupan tertentu menimbulkan berbagai persoalan mendasar, terutama pelanggaran HAM dan disintegrasi bangsa. Buku ini mendeskripsikan sebuah ide dalam konteks politik hukum, khususnya politik hukum untuk mengatur masyarakat plural nilai, berdasarkan hasil kajian empiris dan normatif yang telah dilakukan sebelumnya. Ide yang diusung dalam tulisan ini adalah ide hukum yang "netral" untuk masyarakat plural nilai, terutama nilai agama dan hukum adat.

Tulisan ini dapat dikonsumsi oleh para mahasiswa, baik S-1 maupun S-2 serta S-3 sebagai bahan pembelajaran dan penelitian; para anggota legislatif sebagai bahan masukan untuk membuat kebijakan-kebijakan yang menyangkut hukum nasional; maupun khalayak umum yang berminat untuk memperdalam pengetahuannya tentang bidang hukum, khususnya situasi berlakunya hukum di Indonesia.

Politik hukum merupakan bidang hukum yang membahas tentang kebijakan memilih materi hukum yang akan diberlakukan di suatu negara, diantara sekian tawaran-tawaran materi hukum yang dikenal dalam berbagai aliran hukum. Sebelum negara menentukan kebijakan mengenai hukum yang diberlakukan, perlu terlebih dahulu melihat, mempelajari, membandingkan berbagai pandangan tentang hukum yang dapat diberlakukan di suatu negara.

Buku ini pada dasarnya mengemukakan sebuah ide usulan politik hukum yang didasarkan pada penelitian sebelumnya, yang sangat mungkin masih banyak kekurangan. Untuk itu pembaca diharapkan dapat membandingkan dengan hasil penelitian lain yang mungkin juga ada dalam rangka mengusulkan politik
hukum yang tepat diberlakukan untuk mengatur masyarakat plural nilai. Dibalik semua ini, penulis mempunyai pesan pribadi yakni tidak ingin Indonesia mengalami disintegrasi yang tidak perlu. Masalah yang jauh lebih utama yang dihadapi bangsa Indonesia adalah bagaimana menciptakan tatanan masyakarat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.


Availability

POL.2023.03.24349.598 SUN hILMU POLITIK (Rak Koleksi)Available
POL.2023.03.25349.598 SUN hILMU POLITIK (Rak Koleksi)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
349.598 SUN h
Publisher Karya Putra Darwati (KPD) : Bandung.,
Collation
v, 164 p. ; 27 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9789795052188
Classification
349.598
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. 1.
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this