Image of Trilogi Soekram

Books

Trilogi Soekram



Buku ini merupakan edisi lengkap dari Trilogi Soekram yang sebelumnya diterbitkan dalam 3 buku terpisah oleh sang pujangga Sapardi Djoko Damono, yaitu: Pengarang Telah Mati, Pengarang Belum Mati, dan Pengarang Tak Pernah Mati.

“Saudara, saya Soekram, tokoh sebuah cerita yang ditulis oleh seorang pengarang. Ia seenaknya saja memberi saya nama Soekram, yang konon berasal dari bahasa asing yang artinya.. ah, saya lupa. Tapi sudahlah. Apa pun nama saya, saya harus menerimanya, bukan? Pengarang itu sudah payah sekali kesehatannya, kalau tiba-tiba ia mati, dan cerita tentang saya belum selesai, bagaimana nasib saya yang menjadi tokoh utama ceritanya? Saya tidak bisa ditinggalkannya begitu saja, bukan? Saya mohon Saudara berbuat sesuatu.”

Trilogi Soekram merupakan sebuah buku yang mengisahkan tentang Soekram yang loncar keluar dari dunia ceritanya dan menggugat sang pengarang. Pertanyaan-pertanyaan akan mengapa hidupnya tak bisa ia jalani sendiri sesuka hati namun harus sesuai dengan keinginan pengarang.

Kegeraman Soekram akan pengarangnya ini berlatarkan kampus, dan peristiwa huru-hara Mei 98. Yang dalam novelnya ini, sang penyair besar membukakan mata pada sebuah hubungan paling kompleks, paling sejati, antara pengarang dan tokoh yang ada dalam tulisannya.


Availability

2016.12.0758899.221 Dam tUMUM (BI Corner)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
899.221 Dam t
Publisher Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.,
Collation
v, 273 hlm. : 18 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786020314785
Classification
899.221
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. 2
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this