Image of Qualitative research method: theory and practice

Books

Qualitative research method: theory and practice



Kebanyakan orang berpikiran bahwa penelitian (atau riset) kualitatif memiliki tahapan yang kompleks dan sangat rumit (dalam melaksanakannya). Dalam lingkungan pendidikan, metode riset ini bisa dikatakan penting walaupun tidak diajarkan dengan baik (atau benar-benar jelas) dalam praktiknya. Dalam proses pembelajaran, metodologi sering kali suatu mata kuliah yang wajib dipelajari, di mana (biasanya) terdiri atas bagaimana mengadopsi beberapa pendekatan yang umum ketika melakukan, hingga bagaimana menyusun suatu rancangan penelitian (sering kali memicu dilakukannya suatu survei). Banyak mahasiswa yang tidak tertarik untuk melakukan penelitian kualitatif. Hal ini akibat pemahaman/persepsi mereka bahwa studi kualitatif lebih sukar untuk dilakukan, membutuhkan lebih banyak waktu, serta kesulitan untuk meyakinkan pembaca (hasil penelitian) akan subjektivitas dan vailiditas data.
Buku ini mencoba untuk memutarbalikkan argument-argumen tersebut dengan memberikan pengetahuan tentang bagaimana melakukan studi kualitatif yang baik dan dapat diandalkan. Oleh karena itu, buku ini tidak hanya memberikan teori-teori semata, namun memberikan pertimbangan-pertimbangan praktis beserta beberapa contoh dalam melakukan penelitian kualitatif. Tidak lupa, bacaan(-bacaan) yang dianjur disampaikan di akhir setiap bab sebagai rujukan kepada pembaca yang ingin memperdalam pembahasan lebih jauh.
Berbeda dengan kebanyakan buku yang diterbitkan oleh penulis Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia, buku ini berbahasa Inggris.

Daftar Isi:
Bab 1What is Qualitative Research
Bab 2Type and Technique of Qualitative Research
Bab 3Measurement in Qualitative Research
Bab 4Interview
Bab 5Focus Group Discussion
Bab 6How to Write a Good Proposal?
Bab 7How to Draw Good Analysis?
Bab 8 Example of Case Study Report


Availability

2016.02.0143001.42 Wah qTEKNIK LINGKUNGAN (Rak Koleksi)Currently On Loan (Due on2024-07-19)
2016.02.0144001.42 Wah qTEKNIK LINGKUNGAN (Rak Koleksi)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
001.42 WAH q
Publisher Salemba Empat : Jakarta.,
Collation
268 p. : ill. ; 24 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9789790615694
Classification
001.42
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
2nd ed
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this