Image of Filsafat & penelitian ilmu-ilmu sosial

Books

Filsafat & penelitian ilmu-ilmu sosial



Dalam buku ini diuraikan betapa pentingnya peran filsafat. Filsafat inilah yang dapat mendorong tumbuhnya ilmu. Pemahaman dan observasi manusia terhadap alam semesta dengan segala isinya menumbuhkan ilmuilmu alam.

Di samping alam benda tersebut juga terdapat manusia yang berjiwa dan berperilaku serta mempunyai keinginan otonom. Manusia ini berinteraksi dengan sesamanya dalam bentuk hubungan yang kompleks. Dengan demikian sifat hakikat ilmu-ilmu sosial yang mempelajari manusia ini pun menjadi bersifat rumit dalam arti sukar untuk digeneralisasikan. Oleh karenanya ilmuilmu sosial menjadi sangat bernilai relatif. Hal ini berbeda dengan eksakta dan ilmu-ilmu alam yang berdalil mutlak.

Atas dasar sifat hakikat ilmu-ilmu sosial tersebut, maka hal ini akan berimplikasi pada pencarian metode yang tepat untuk dipakai dalam penelitian.

Konstatasi penulis adalah melihat adanya ketertinggalan perkembangan ilmu yang disebabkan kurang berkembangnya “rasa ingin tahu” dan “budaya-baca”. Dalam globalisasi ini persaingan begitu tajam, salah satu upaya untuk mengejar ketertinggalan, diperlukan perbaikan dalam sistem pengajaran dan pendidikan di berbagai tingkatan. Perbaikan ini akan bersandar pada filsafat dan penelitian. Buku yang sangat dipujikan untuk peminat ilmu dan filsafat pada umumnya dan pendukung pengembangan revitalisasi ilmu-ilmu sosial pada khususnya. Namun demikian, buku ini pun akan mengasyikkan untuk dibaca oleh umum sekali pun.


Availability

2015.10.0546300.1 Kan fILMU POLITIK (Rak Koleksi)Currently On Loan (Due on2022-10-24)
2015.10.0547300.1 Kan fILMU POLITIK (Rak Koleksi)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
300.1 Kan f
Publisher Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) bekerjasama dengan Puslit KP2W Lembaga Penelitian Unpad : Bandung.,
Collation
xii, 204 pages ; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9789792474794
Classification
300.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this